Dodol Unik Oleh Oleh Khas Pekanbaru


Dodol adalah salah satu makanan tradisional yang memiliki begitu banyak variasi. Makanan ringan yang terbuat dari gula dan tepung ini memiliki rasa manis dengan berbagai tekstur mulai dari tekstur yang ringan hingga kenyal. Ada banyak sekali variasi dodol yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia di antaranya dodol sirsak, dodol durian, dodol ketan dan masih banyak lagi. Dodol memang identik dengan rasa yang manis legit, namun Riau memiliki variasi dodol oleh oleh khas Pekanbaru yang unik karena terbuat dari kedondong yang memiliki citarasa yang asam nan menyegarkan.

Dodol Kedondong

Buah kedondong adalah buah unik dengan biji berserabut yang memiliki rasa asam. Rasa asam menyegarkan yang ditawarkan oleh buah yang satu ini membuat buah kedondong hampir tak pernah absen dalam rujak. Namun, buah kedondong bertransformasi menjadi hidangan unik di tangan warga Riau. Riau yang memiliki tanah subur tak hanya menghasilkan buah nanas tetapi juga menghasilkan banyak buah kedondong. Buah kedondong ini kemudian diolah menjadi dodol agar lebih tahan lama. Dodol kedondong dibuat dari buah kedondong, wijen dan gula. Untuk membuat dodol kedondong, buah kedondong dikupas terlebih dahulu dan dipisahkan dari bijinya kemudian dimasak bersama gula dan wijen. Tambahan wijen pada dodol kedondong membuat dodol yang satu ini memiliki aroma yang harum serta tekstur yang sedikit kasar. Dodol kedondong memiliki warna yang coklat terang dengan rasa yang tidak terlalu asam maupun tidak terlalu manis sehingga sangat cocok sebagai cemilan maupun teman minum teh. Bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan makanan manis, dodol kedondong ini dapat dijadikan buah tangan atau oleh oleh khas Pekanbaru saat Anda berkunjung ke Pekanbaru.

Baca juga : Jajanan Unik Oleh Oleh Khas Pekanbaru

Dodol kedondong adalah oleh oleh khas Pekanbaru yang masih sulit dijumpai di tempat lain. Artinya, Anda hanya bisa mendapatkan kuliner unik yang satu ini saat berkunjung ke Pekanbaru. Daihatsu adalah sarana yang tepat yang dapat membawa Anda untuk mendapatkan dodol kedondong di Pekanbaru.

Comments

Popular posts from this blog

Ide Usaha Menggunakan Daihatsu

Pertimbangkan Ini Sebelum Lihat Harga Perumahan Cikarang

Pemahaman tentang Simulasi Kredit Mobil